Cara Daftar BPJS Kesehatan
Cara Daftar BPJS Kesehatan

Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Lengkap 2020

Diposting pada

TEARALAB.COM – Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Lengkap 2020 Terdapat cukup banyak badan usaha yang terjun dalam bidang asuransi yang mana memberikan layanan atau jasa dalam menjamin kesehatan para pesertanya. Badan usaha yang turut berkontribusi di tanah air yang bertujuan untuk memberikan layanan dalam bidang kesehatan bagi setiap masyarakat, salah satunya adalah BPJS Kesehatan. Maka untuk anda yang saat ini akan mengikutinya, bisa membaca penjelasan Kak Teara tentang yarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan yang dijamin paling lengkap 2020.

Cara Daftar BPJS Kesehatan dipastikan mudah dan Kak Teara pun mengikutinya. Namun harus anda ketahui ebelumnya bernama ASKES (Asuransi Kesehatan), kemudian secara resmi BPJS Kesehatan didirikan oleh pemerintah yaitu pada tanggal 1 Januari 2014 silam. BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS TK, berfungsi sebagai penyedia layanan jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Meskipun JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) sangat perlu untuk dimiliki oleh setiap pihak, namun tidak sedikit masyarakat yang belum memilikinya termasuk BPJS Kesehatan. Padahal dengan terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, nantinya setiap hal yang berhubungan dengan kesehatan terutama pengobatan, bisa lebih ringan biaya pengobatannya jika telah terdaftar sebagai peserta.

Mengingat hal tersebut, maka sangat disayangkan apabila tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Cara daftar BPJS Kesehatan sendiri, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Baik secara online atau melalui website resmi BPJS, atau dengan cara offline yaitu dengan datang langsung ke kantor kerja BPJS.

Cara Daftar BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

Cara Daftar BPJS Kesehatan

Untuk infomasi apa saja yang harus anda lakukan ketika ingin ikut BPJS Kesehatan, maka dibawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

Daftar BPJS Kesehatan Offline

Untuk cara daftar BPJS Kesehatan secara offline, pertama-tama peserta harus mempersiapkan setiap persyaratan yang telah ditentukan. Jika semua persyaratan yang diperlukan telah terpenuhi, kemudian calon peserta bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Usahakan untuk mendaftar secara kolektif dengan koordinasi dari ketua RT supaya nanti prosesnya lebih mudah. Setelah sampai ke kantor kerja, nantinya calon peserta akan diberikan formulir pendaftaran.

Kemudian isi formulir tersebut dengan benar, jelas, cermat dan teliti. Jika formulir telah terisi sepenuhnya, kemudian peserta akan diberi Virtual Account yang nantinya diperlukan saat pembayaran.

Virtual Account yang telah sudah diberikan tadi, bisa dipergunakan sebagai media pembayaran ataupun transfer dana klaim saat diperlukan. Setelah mendapatkan Virtual Account, langkah dari cara daftar BPJS ini selanjutnya adalah dengan melakukan pembayaran di Bank yang sebelumnya telah ditunjuk atau ditentukan oleh pihak BPJS.

Jika sudah melakukan pembayaran melalui bank, kemudian kembali ke kantor kerja BPJS lalu menyerahkan bukti transfer dan tunggu hingga kartu BPJS selesai dicetak.

Daftar BPJS Kesehatan Online

Selain pendaftaran secara offline atau dengan cara datang langsung ke kantor kerja, cara daftar BPJS untuk Kesehatan juga bisa secara online atau melalui website resmi BPJS. Beberapa persyaratan yang harus terpenuhi ketika mendaftar BPJS Kesehatan secara online antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP),
  • Kartu Keluarga (KK),
  • Kartu NPWP,
  • Alamat email,
  • Nomor seluler yang masih aktif.

Jika semua persyaratan telah tersedia, kemudian akses: https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ pada perangkat yang dimiliki, bisa melalui handphone, tablet maupun komputer.

Setelah berhasil masuk ke website resmi BPJS, isi setiap dengan benar setiap data yang diberikan seperti pilihan kelas, alamat lengkap, fasilitas kesehatan yang mencakup Faskes Tingkat I serta Faskes Gigi pilih instansi rujukan, bagi WNA caranya sama.

Simpan semua data diri dan tunggu Email notifikasi nomor registrasi melalui Email yang didaftarkan. Jika sudah mendapatkan notifikasinya, kemudian print atau cetak Virtual Account tersebut.

Cara daftar BPJS online yang selanjutnya, yaitu dengan melakukan pembayaran di Bank yang telah ditunjuk, misalnya BNI, BRI atau Mandiri. Seusai menyerahkan uang setoran beserta nomor Virtual pada Teller Bank, maka nantinya Anda akan mendapatkan bukti pembayaran.

Dengan demikian, BPJS Kesehatan Anda telah aktif dan silahkan cek Email yang tadi digunakan untuk mendaftar. Di dalam Email tersebut, Anda akan mendapatkan dari BPJS yang berupa E-ID Card BPJS yang nantinya bisa diprint sendiri.

Jika tidak memiliki alat printer sendiri, maka Anda bisa melakukan print dengan datang ke kantor BPJS. Untuk prosedur pencetakannya, langsung saja ke bagian print kartu BPJS Kesehatan dan serahkan semua

Syarat Daftar BPJS Kesehatan

Sebelumnya, untuk persyaratan-persyaratan daftar BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Syarat Daftar BPJS Kesehatan
  2. Kartu Identitas yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor)
  3. Kartu Keluarga (KK) terbaru
  4. Buku atau surat nikah (bagi yang sudah menikah)
  5. Fotocopy buku tabungan (Sebagai penanggung biaya)
  6. 2 Lembar Pas Foto ukuran 3×4.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *